MENGURAI BASIS FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Siful Arifin STIT Al-Karimiyyah Sumenep

Keywords:

Filosofis, Pendidikan, Aliran Pemikiran

Abstract

Secara umum, rancang bangun filosofi pendidikan Islam tidak jauh berbeda dengan pendidikan lainnya. Yakni, mencakup ontologi, epistemologi dan aksiologi. Namun setelah diteliti, diurai dan diambil suatu simpulan, ditemukan beberapa perbedaan yang mendasar antara bangunan filosofi tersebut. Misalnya, dari aspek epistemologi, pendidikan Islam berlandaskan pada al-Qur’an dan hadith / sunnah. Dari aspek ontologi, filosofi pendidikan Islam tidak hanya fokus pada suatu realitas yang riil (nyata) tapi juga un-riil-abstrak. Sedangkan dari aspek aksiologi, filosofi pendidikan tidak hanya mengacu kepada satu sudut pandang nilai tapi mengacu pada beberapa sudut pandang, diantaranya adalah nilai-nilai kemanusiaan (moral), maupun nilai ketuhanan (agama) dan lain sebagainya. Bangunan filosofis pendidikan Islam tersebut kemudian melahirkan beragam pemikiran dalam bidang pendidikan Islam, diantaranya adalah: Aliran agamis-konservatif (al-muhafidz), Religius-rasional (al-diniy al-’aqlaniy), Pragmatis-instrumental (al-dhara’iy). Tiga aliran pendidikan Islam tersebut akan dibahas dalam paper ini.

Published

2018-09-18

How to Cite

Arifin, S. (2018). MENGURAI BASIS FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kariman, 5(2), 1-18. Retrieved from https://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/17