Implementasi dan Strategi Pengembangan Pendidikan Akhlak di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo

Authors

  • Supiah Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo
  • Abdur Rahman Adi Saputera Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Akhlak, MA Alkhairaat Kota Gorontalo

Abstract

Penelitian ini mengkaji Implementasi dan Strategi Pengembangan Konsep Pendidikan Akhlak di Madrasah Aliyah  Alkhairaat Kota Gorontalo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif–kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) Inteview, Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi: 1) Reduksi data, 2) Display, 3) Kritik  dan 4) Pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Konsep pendidikan akhlak Madrasah tentang tujuan pendidikan akhlak tidak dituangkan secara khusus dalam visi dan misi madrasah. Madrasah tidak memiliki tujuan operasional dan tanget khusus yang ingin dicapai dalam pendidikan akhlak. Dalam pelaksanaannya Madrasah tidak memiliki metode, pendekatan, starategi dan rencana serta evaluasi yang jelas dalam pendidikan akhlak. 2) Strategi yang digunakan dalam pendidikan akhlak Madrasah adalah menggunakan strategi keteladanan, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, teguran langsung, reward and punishment, dan penggunaan kata yang baik dan sanjungan kepada siswa, 3) Pelaksanaan pendidikan akhlak di Madrasah disamping pemberian materi akhlak dalam bentuk mata pelajaran juga diberikan melalui internalisasi dalam kehidupan madrasah dalam bentuk budaya religius madrasah.

References

Abdurrahman Mas’ud, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik; Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Yogyakarta: Gama Media,tt, 2002.

Agus Maimun dan Agus Zaenul Fitri, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya, 2000, 186,

Muhammad Usman Najati, Psikologi Dalam Al-Qur’an, terj. M. Zaka Al-Farisi, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Beni Ahmad Saebani dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlaq Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Cowie, Hornby, Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English London:Oxford University Press, 1974.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia cet. Kesembilan Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Husni Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu, 2001.

Imam Suprayoga dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial – Agama Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

M. Furqan Hidayatullah, Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

Mardalis, Metode Penelitian, Suatu pendekatan Proposal Jakarta: Bumi Aksara 1999.

Moh. Nazir, Metodologi Penelitian Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Muchlas Samani, Menggagas Pendidikan Bermakna, Integrasi Life Skill-Kbk-Ctl-Mbs Surabaya: Percetakan SIC, tt, 2002.

Noeng Muhajir, Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2001.

Nur Ahid, Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Nuzul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan; Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontektual dan Futuristik Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sanapiah Faisol, Metode Penelitian Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Setya Y. Sudikan, Metode Penelitian Pendidikan Surabaya: UNESA Unipress, 2001.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Percetakan Rineka Cipta, 2006.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam; Konsep, Strategi dan Aplikasi Yogyakarta: Percetakan Teras, 2009.

Sumanto, Methode Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta: Anda Offset, 1990.

Agus Maimun dan Agus Zaenul Fitri, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

Abad Badruzaman, Membangun Kesalehan Sosial Yogyakarta: Teras, 2010.

Triyo Supriyatno, Humanitas Spritual dalam Pendidikan Malang: UIN –Malang Press, 2009.

Binti Maunah, Metodologi Pengajaran Agama Islam Yogyakarta: Teras, 2009.

Sulistriyorini, Manajemen Pendidikan Islam; Konsep, Strategi dan Aplikasi Yogyakarta: Percetakan Teras, 2009.

Miftahul Huda, Interaksi Pendidikan, 10 Cara Qur’an Mendidik Anak Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Published

2020-06-28

How to Cite

Supiah, & Saputera, A. R. A. (2020). Implementasi dan Strategi Pengembangan Pendidikan Akhlak di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo. Jurnal Kariman, 8(1), 1-24. Retrieved from https://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/131