Melacak Khazanah Pendidikan pada Masa Nabi Muhammad SAW

Analisis Sosial terhadap Strategi Pembelajaran

Authors

  • Ali Rahmat STIT Al-Karimiyyah Sumenep

Keywords:

Strategi , Pembelajaran, Masa Nabi Muhammad SAW

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan strategi pembelajaran pada masa Nabi Muhammad SAW. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini ialah historis. Data dan informasi yang diperoleh oleh peneliti dari berbagai literatur baik primer maupun skunder akan diolah, dianalisis dalam rangka untuk memberikan makna terhadap hasil penelitian. Dengan kata lain, data mentah dari berbagai literatur akan ditelaah analisis oleh peneliti agar dapat dilaporkan hasil penelitiannya sebagai sumber rujukan bagi pemerhati maupun pecinta pendidikan. adapun metode analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah content analysis. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi.  Hasil penelitian menyatakan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan Nabi Muhammad SAW lebih menekankan pada pembelajaran tauhid dan hafalan al-Qur’an. Pendidikan yang dijalankan Nabi Muhammad SAW melalui dua periode, yaitu periode Makkah dan Madinah. Sedangkan strategi pembelajaran yang digunakan oleh Rasullah SAW ialah: Tanya jawab dalam bidang keimanan dengan penghayatan, demontrasi dan keteladanan dalam materi ibadah dan akhlak. Sedangkan strategi pembelajaran yang dikemas melalui dakwah ialah: sembunyi-sembunyi dan perorangan, terang-terangan, dan umum.

References

Abrashi, (al) Muhammad ‘Atiyyah. al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha. Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Arief, Armai Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Angkara, 2005.

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial , Jakarta, Gaung Persada Press, 2008.

Moleong, J. Lexy . Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Nasution, Harun. Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulaan BIntang, 1975.

Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia. Jakarta : Kencana, 2007.

Rama, Bahaking. Sejarah Pendidikan Islam Pertumbuhan dan Perkembangan Hingga Masa Khulafaurrasyidin. Jakarta: Paragatama Wirwigmilang, 2002.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta : Prenada Media, 2007.

Soekarno dan Ahmad Supardi, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa, 1990.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Tim penyusun kamus Besar. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.1990.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Hidakarya agung, 1992.

Zed, Mestika .Metode Penelitian Kepustakaan , Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Published

2020-06-28

How to Cite

Rahmat, A. (2020). Melacak Khazanah Pendidikan pada Masa Nabi Muhammad SAW : Analisis Sosial terhadap Strategi Pembelajaran. Jurnal Kariman, 8(1), 55-66. Retrieved from https://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/126