Jurnal Kariman http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman <p>Jurnal Kariman diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Islam Al Karimiyyah Beraji Gapura Sumenep Madura yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan hasil pemikiran, penelitian dan artikel tentang trand dan issu kontemporer dalam pendidikan dan ke-IslamanJurnal Pendidikan dan Keislaman</p> en-US Fri, 30 Aug 2019 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Daftar Isi http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/110 <p>Daftar Isi</p> admin admin ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/110 Mon, 02 Sep 2019 04:42:43 +0000 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM KH. A. WAHID HASYIM http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/97 <p>Diantara sekian banyak pemikir dan pemerhati pendidikan Islam di Indonesia, nama Wahid Hasyim masih menjadi “barang” langkah dan kurang mendapat perhatian tentang ide-idenya berkenaan dengan problem pendidikan Islam kekinian. Selain pemikiran dan perjuangannya yang berkenaan dengan Negara, sosok Wahid Hasyim juga banyak memikirkan strategi dan kemajuan pendidikan Islam dalam menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan masyarakat akan kebutuhan terhadap dunai pendidikan.</p> Ach Syaiful ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/97 Fri, 30 Aug 2019 08:41:24 +0000 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEBAGAI WUJUD REVOLUSI MENTAL GENERASI BANGSA http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/98 <p><em>Pendidikan merupakan tanggungan bersama, pemerintah, masyarakat dan yang mempunyai rasa kepedulian dengan dunia pendidikan di Negeri ini, pada akhir-akhir ini gerakan revolusi mental pendidikan didengungkan oleh para pemangku kebijakan yang dalam hal ini adalah pemerintah, dilakukannya revolusi tersebut tujuan akhirnya adalah untuk memajukan negeri ini. </em><em>Salah satu langkah kongkrit yang dilakukan adalah melalui gerakan perbaikan pendidikan yang diterapkan di Negeri kita tercinta ini. Perubahan wajah pendidikan, yang pada awalnya hanya menekankan pada kemampuan intelektua</em><em>l</em><em> semata yang kemudian kurang memperhatikan kecerdasan afektif dan spritualitas, hal tersebut kemudian dinilai oleh sebagian orang</em><em> sebagai proses yang </em><em>gagal,untuk itu, pendidikan karakter merupakan salah satu solusi alternative agar Negeri ini keluar dari persoalan mental tersebut.Dasar pendidikan yang bernuansakan karakter dapat terimplementasikan dengan cara mengelaborasikan konsep pendidikan ini dengan karakter yang dapat membentuk mental positif yang kemudian memperbaiki dan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Pendidikan Agama merupakan suatu langkah yang cukup logic untuk dapat disandingkan dengan pendidikan yang selama ini didengungkan oleh para praktisi pendidikan, karena dengan menyandingkan, meng</em><em>i</em><em>ntegrasikan keduanya akan memberikan warna yang baru bagi pendidikan di Negeri ini.</em></p> Siful Arifin ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/98 Fri, 30 Aug 2019 08:44:12 +0000 SEKOLAH UNGGUL MANDIRI http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/100 <p>Tulisan ini membahas tentang sekolah unggulan yang mayoritas menerapkan pembiayaan yang sangat mahal. Semua biaya operasional sekolah hampir dibebankan kepada orang tua siswa sehingga masyarakat menengah ke bawah sulit untuk menjangkau sekolah unggulan. Oleh karena itu usulan penulis untuk menjadikan sekolah unggul yang biayanya murah adalah dengan menjadikan sekolah mandiri dengan menerapkan tahapan-tahapan konsep berikut: 1). Maksimalisasi anggaran pendidikan 20%, 2). Melaksanakan Subsidi Silang, 3). Pemanfaatan dana CSR Perusahaan dan 4). Membangun badan usaha milik sekolah.</p> Amiruddin Amiruddin ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/100 Fri, 30 Aug 2019 08:46:23 +0000 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI DAN RENAISANS BARU PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/101 <p>Dikotomi ilmu yang menjadi warisan dalam bangsa ini mengakibatkan kemandegan dalam peradaban Islam. Salah satunya dalam pendidikan Islam yang telah kalah jauh dari kemajuan ilmu-ilmu Eropa sejak berabad-abad lamanya. Munculnya inovasi-inovasi baru dalam sistem pendidikan Islam, yakni perpaduan ilmu umum &amp; agama akan menjadi arah baru bagi bangkitnya pendidikan Islam di Indonesia. Misalnya pemaduan pendidikan pesantren dan kampus sebagaimana banyak disampaikan oleh pakar pendidikan Islam. Model ini, penulis melihat bisa saling melengkapi dalam memanfaatkan kelebihan dan menutupi kekurangan masing-masing untuk diterapkan pada pendidikan masa kini. Maka dengan perubahan status STAIN/IAIN menjadi UIN memberikan angin segar bagi tumbuhnya pendidikan Islam di Indonesia, yang utuh, holistik, integratif dan responsif terhadap era modern ini. Pengkotak-kotakan ilmu akan teratasi dengan konsep integrasi keilmuan yang ditawarkan oleh masing-masing UIN.</p> Kutsiyyah Kutsiyyah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/101 Fri, 30 Aug 2019 08:47:58 +0000 HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI DARUL ULUM TALAGA GANDING SUMENEP http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/102 <p>Keluarga adalah sekolah pertama untuk anak sebelum anak hidup didunia pendidikan sekolah anak lebih dulu hidup dilingkungan keluarga dan dari keluargalah akan tercipta pribadi-pribadi tertentu yang akan membaur dalam satu masyarakat. Pendidikan keluarga adalah pendidikan pertama dan utama yang akan menggoreskan keilmuan dasar pribadi anak dan pendidikan dalam keluarga akan melekat mengiringi pendidikan dan keilmuan yang didapatkan didunia sekolah. Guru dalam pendidikan keluarga adalah orang tua yang bertugas mengasuh anak-anak mereka agar siap menghadapi pendidikan selanjutnya berupa pendidikan sekolah karena&nbsp; tingkat penguasaan materi pelajaran yang disampaikan hingga tercapainya prestasi belajar&nbsp; pada pendidikan sekolah sangat dipengaruhi oleh pola asuh bagaimana anak akan dibentuk kepribadiannya oleh orang tuanya.</p> Abdul Hadi ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/102 Fri, 30 Aug 2019 08:49:47 +0000 PENDEKATAN ILMU PSIKOLOGI DALAM STUDI ISLAM http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/103 <p>Ilmu jiwa merupkan ilmu yang mengkaji tentang jiwa manusia dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kajian ilmu jiwa. Ilmu jiwa dengan agama memiliki hubungan yang sangat erat karena ilmu jiwa meliputi gejala-gejala kejiwaan dalam kaitannya dengan realisasi keagamaan. Selain itu kajian studi Islam yang menggunakan pendektan ilmu jiwa dapat dilihat pada ritual keagamaan manusia yang sudah menjadi suatu keyakinannya. Ritual dan keyakinan ini harus dibarengi dengan ilmu pengetahuan keagamaan yang mendalam.</p> Mukhlis Mukhlis ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/103 Fri, 30 Aug 2019 08:51:21 +0000 DINAMIKA KONSEP KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM: DARI KHILAFAH, IMAMAH SAMPAI IMARAH http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/104 <p>Tulisan ini fokus pada tiga term kaitan dengan kepemimpinan dalam percaturan politik Islam. Kepemimpinan <em>(leadership)</em> dalam dunia Islam menjadi wacana yang terus berkembang. Istilah pemimpin/penguasa di dalam politik Islam tidak pernah bersifat tunggal. Tiga konsep yang terus berkembang seperti Khilafah, Imamah dan Imarah—selain konsep lainnya—dimana ketiganya memiliki makna masing-masing dan sekaligus pernah terwujud dalam kehidupan politik umat Islam. Pengalaman tersebut berlangsung setelah meninggalnya Muhammad sebagai seorang Nabi dan sekaligus sebagai pemimpin kepala negara. Perbedaan pilihan term pemimpin dikalangan muslim juga berimplikasi terhadap model kepemimpinan politik praksis dengan nash al-Qur’an maupun hadis Nabi sebagai pijakan utamanya.</p> Rasuki Rasuki ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/104 Fri, 30 Aug 2019 08:53:47 +0000 MONEY POLITIC DI TENGAH DILEMA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/105 <p>Money politic akan tumbuh berkembang karena keimanan kepada Allah yang mulai menurun. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya karena kesejahteraan masyarakat yang sebagian rendah. Kesejahteraan adalah tuntutan semua manusia hidup untuk melangsungkan kehidupannya dalam upaya menghambakan diri kepada Allah SWT. Dengan segala upayanya kesejahteraan mesti dilakukan. Aktifitas politik bukanlah kegiatan yang hina dan memalukan. Sebab segala kegiatan untuk mengatur hubungan yang berkaitan dengan kesejahteraan suatu masyarakat dalam sebuah negara dan bangsa adalah kegiatan politik. Bukanlah Rasulullah mendirikan negara Islam di Madinah itu bukan kegiatan politik.</p> Hafid Hafid ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/105 Fri, 30 Aug 2019 09:05:23 +0000 PERBUATAN MORAL DAN PERTIMBANGAN BATIN IDEAL: MENELUSURI FILSAFAT ETIKA DI DALAM STUDI ISLAM http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/106 <p>Sebagai bagian dari kajian yang membicarakan segala sesuatu ‘sebagaimana seharusnya’, filsafat etika khusus mempelajari perbuatan manusia. Yang ditanyakannya setidaknya tiga hal. <em>Pertama</em>, apa ukuran perbuatan yang tepat? <em>Kedua</em>, ‘apa’ yang seharusnya manusia perbuat? <em>Ketiga</em>, ‘mengapa’ manusia harus berbuat? Pertanyaan kedua dapat dijawab dengan menjawab pertanyaan pertama: yang harus diperbuat manusia adalah perbuatan yang ‘benar’, atau perbuatan yang ‘baik’; dua hal ini merupakan dua hal yang berbeda. Sedangkan pertanyaan ketiga dapat dijawab dengan memberikan alasan yang menjelaskan pertimbangan batin mengapa perbuatan itu dilakukan. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, istilah-istilah teknis di dalam kajian etika, baik yang berasal dari Islam sendiri, maupun yang berasal dari Barat, dipaparkan, dan untuk selanjutnya dijadikan sebagai patokan ideal. Uraian singkat atas aliran-aliran etika dan model etika, baik di dalam filsafat etika Barat, maupun filsafat etika Islam, yang ditemukan di dalam kajian Ilmu Kalam, Filsafat Islam, Tasawuf, dan Ilmu Akhlak demikian juga, dijabarkan. Penjabaran atas aliran-aliran dan model-model etika ini selanjutnya dianalisis, dikritik, dan dicari sintesisnya. Setelah diuraikan sintesisnya, dirumuskan kemudian poin-poin terbaik di antara pemikiran etika tersebut. Dan pertanyaan <em>keempat</em> yang ingin dijawab dalam tulisan ini adalah apa poin-poin terbaik di antara aliran-aliran dan model-model etika tersebut yang dapat dirumuskan menjadi model etika utama di dalam Islam?</p> Nur Rahmad Yahya Wijaya ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/106 Fri, 30 Aug 2019 09:06:59 +0000 IMPROVING READING COMPREHENSION OF THE STUDENTS OF ECONOMIC DEPARTMENT AT STIS NURUDDHALAM SUMENEP THROUGH SQ3R STRATEGY http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/107 <p>This research was conducted to improve the reading comprehension ability of the students of Economic Department at STIS Nuruddhalam, Sumenep through SQ3R strategy. Due to the problem found that the reading comprehension ability of the students to comprehend the text was unsatisfactory. This research employed two –cycle’s classroom action research and implemented in the 20 students of the first semester of the Students of Economic Department STIS Nuruddhalam, Sumenep. The instruments to collect the data were observation sheet, field notes and the reading comprehension test. The result of this research dicated that SQ3R strategy improved the student's reading comprehension ability that can be seen from the student's score in <em>post test</em> through their gain compare with their score in <em>pretest.</em> In cycle I there were 10 out of the students (50%) achieved 10 points greater than their score in pretest. While in cycle II, there were 15 students out of 20 students (75%) achieved 10 points greater than their score in pretest. Besides, the implementation of the SQ3R strategy was successful in improving the students' participation.</p> Shokhikhatul Khasanah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/107 Fri, 30 Aug 2019 09:08:40 +0000 KONTROVERSI PEMIKIRAN HUKUM AHMAD HASSAN DALAM SEJARAH PEMIKIRAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/108 <p>Tulisan ini mengkaji mengenai pemikiran hukum Ahmad Hassan. Ahmad Hassan merupakan tokoh yang aktif dalam menulis sehingga beliau banyak menghasilkan karya dalam berbagai bidang. Dalam bidang al-qur’an dan hadith, dalam bidang aqidah, sastra dan lain sebagainya. Kemudian ada tiga faktor yang mempengaruhi pemikirannya pada waktu itu, yaitu faktor turunan keluarga yang berpaham Wahhabi, faktor bacaan serta faktor pergaulan dengan ulama’-ulama’ terkemuka pada waktu juga dengan pendiri PERSIS. Karena Hassan hidup di lingkungan yang berpaham Wahhabi maka pikirannya pun secara tidak langsung mengikuti paham aliran tersebut yang tidak menolak segala macam bid’ah, taqlid dan takhayul. Hassan hanya mengakui al-qur’an dan hadith sebagai sumber hukm Islam yang pokok, sedangkan ijma’ dan qiyas tidak dapat berdiri sendiri. Hassan juga lebih memegang zahir nas dan menolak takwil nas al-Qur’an. Dari&nbsp; pemikiran-pemikiran beliau, maka dapat dikatakan bahwa Hassan lebih berafiliasi pada mazhab Hanbali.&nbsp;</p> Dainori Dainori ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/108 Fri, 30 Aug 2019 09:11:21 +0000 ANALISIS SEMIOTIKA DALAM SHIIR HUBB KARYA ADONIS http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/109 <p>Karya sastra adalah penuangan ide- ide yang di imajinasikan menjadi teks yang memiliki nilai-nilai etika dan estetika. Karya sastra juga harus mampu melahirkan suatu kreasi yang indah. Proses kreatif karya sastra banyak unsur yang terlibat di dalamnya, seperti ilmu pengetahuan, wawasan, pemikiran, keyakinan dan pengalaman fisik, serta unsur imajinasi pengarang. Sebuah novel disamping memiliki unsur struktur pembangunnya, novel memiliki unsur semiotik yaitu mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan, dan konvensi-konvensi yang memungkinkan tanda-tanda tersebut mempunyai arti dan makna. Sehubungan pernyataan tersebut maka peneliti melakukan penelitian ini untuk menemukan unsur semiotik yang terdapat di dalam shiir <em>Hubb</em> karya Adonis. Setelah diteliti, ternyata dalam shiir <em>Hubb</em> karya Adonis ini ditemukan banyak pemakaian bahasa yang memiliki kata bernilai semiotik. Sesuai dengan judul penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif &nbsp;kualitatif yakni metode deskriptif yang disertai kegiatan analisis, dimana data diperoleh dengan cara membaca shiir <em>Hubb</em>&nbsp; karya Adonis. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu teknik telaah pustaka, teknik dokumentasi, teknik analisis dan teknik pengolahan data. Melalui analisis semiotik shiir <em>Hubb</em> karya Adonis banyak ditemukan tanda yang tersurat. Melalui analisis ini perlu disampaikan kepada pembaca agar dapat menghayati dan menghargai karya sastra dan memahami sistem semiotik yang terdapat dalam karya sastra tersebut.</p> Anwar Rudi ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/109 Mon, 02 Sep 2019 04:31:48 +0000