Jurnal Kariman http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman <p>Jurnal Kariman diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Islam Al Karimiyyah Beraji Gapura Sumenep Madura yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan hasil pemikiran, penelitian dan artikel tentang trand dan issu kontemporer dalam pendidikan dan ke-IslamanJurnal Pendidikan dan Keislaman</p> en-US Sat, 20 Apr 2019 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Urgensi Pengembangan Supervisi Elektronik Berbasis Website Bagi Pengawas Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Sumenep http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/86 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan supervisi elektronik berbasis website bagi pengawas pendidikan agama islam di lingkungan Kementerian Agama Sumenep. Pengembangan model supervisi ini didasarkan pada permasalahan pelaksanaan supervisi faktual yang meliputi masalah banyaknya lembaga pendidikan yang menjadi binaan pada setiap Pengawas dan kondisi geografis yang kurang mendukung bagi pelaksanaan supervisi faktual dan manual. Berdasarkan pada beberapa analisa pelaksanaan supervisi faktual, potensi teknologi yang dimiliki oleh guru dan pengawas di lingkungan Kemenag Sumenep dan kondisi struktur jaringan internet di wilayah Sumenep, maka penting dikembangkan model supervisi pendidikan elektronik berbasis website.</p> <p>&nbsp;</p> Amiruddin Amiruddin ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/86 Sat, 20 Apr 2019 13:22:22 +0000 Strategi Quantum Learning dalam Pendidikan Akidah Akhlak di Madarah Ibtidaiyah http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/87 <p>Quantum Learning merupakan pembelajaran yang dapat mengubah suasana belajar yang menyenangkan serta mengubah kemampuan dan bakat alamiah peserta didik menjadi bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar Guru dituntut untuk menggunakan strategi yang tepat demi tercapai pembelajaran yang efektif. Terdapat beberapa strategi Quantum Learning diantaranya, mendudukkan murid secara nyaman, Memasang musik latar di dalam kelas. Selain itu Guru melaksanakan pembelajaran yang menggunakan alam sebagai tempat untuk mendekatkan siswa dengan peningkatan keimanan, mengajak siswa pada suatu alam baik pegunungan, laut atau tempat-tempat lain yang ada pada lingkungan sekolah untuk mengagumi ciptaan Allah, dan dapat menggunakan berbagai materi, seperti materi bercerita mengenai Nabi dan Malaikat dengan cerita yang menarik dan menyenangkan.</p> Mukhlis Mukhlis ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/87 Sat, 20 Apr 2019 13:23:43 +0000 Urgensi Deteksi Dini dan Intervensi Anak yang Mengalami Learning Difficulty http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/88 <p>Terdapat beberapa faktor kesulitan belajar diantaranya Faktor intern siswa, yakni hal-hal atau keadaan-keadaan yang muncul dari dalam diri siswa yang meliputi gangguan atau kekurangan kemampuan psiko-fisik siswa. Faktor ekstern siswa, yakni hal-hal atau keadaan-keadaan yang meliputi semua situasi dan kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung aktivitas belajar siswa. Deteksi dini bisa dilakukan dengan Melakukan observasi kelas untuk melihat perilaku menyimpang siswa ketika mengikuti pelajaran, memeriksa penglihatan dan pendengaran siswa khususnya yang diduga mengalami, mewawancarai orang tua atau wali, memberikan tes diagnostik bidang kecakapan tertentu untuk mengetahui hakikat kesulitan belajar serta memberikan tes kemampuan intelegensi (IQ) yang dibantu oleh para Psikolog. Intervensi yang bisa dilaksanakan untuk kesulitan belajar diantaranya adalah menggunakan <em>remedial teaching </em>(program perbaikan). Dalam hal menyusun menyusun <em>remedial teaching </em>sebelumnya guru perlu menetapkan tujuan pengajaran remedial, materi remedial, metode remedial, alokasi remedial serta evaluasi kemajuan siswa setelah mengikuti program pengajaran remedial.</p> Kholifatus Sa’diyah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/88 Sat, 20 Apr 2019 00:00:00 +0000 Hamzah Fansuri dan Doktrin Wahdat Al-Wujud di http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/89 <p>Tokoh sufi Nusantara yang meninggalkan beberapa karya, salah satunya adalah Hamzah fansuri. Kontroversi doktrin Wahdat al-Wujud pernah diadopsi dari tokoh sufi besar, Ibn ‘Arabi. Doktrin tasawuf Hamzah Fansuri selain mendapat sambuatan banyak kalangan–terlabih dikalangan para muridnya–juga mendapat krirtik dari sebagian kalangan muslim lainnya. Sebagai doktrin dalam khazanah dunia tasawuf Nusantara, Wahdat al-Wujud Hamzah Fansuri sebagai menifastasi dan kelanjutan dari gagasan Sufi terkemuka, Ibn ‘Arabi yang dipopulerkan oleh salah muridnya. Wahdat al-Wujud Hamzah Fansuri sebagai faham yang mengajarkan bahwa keesahan Tuhan sama sekali tidak bertentangan dengan konsep penampakan pengetahuan Tuhan yang sangat variatif dalam kehidupan nyata. Dari-Nya, dalam dunia nyata terlahir penampakan dhahir dan batin dari Wujud yang Satu, yakni Tuhan.</p> Rasuki Rasuki ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/89 Sat, 20 Apr 2019 13:27:59 +0000 Penerapan Model Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ainul Falah http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/90 <p>Penerapan model konstruktivisme dalam pembelajaran kitab-kitab kuning tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran kitab-kitab kuning itu sendiri kepada para santri. Adapaun langkah-langkah penerapan model konstruktivisme dalam pembelajaran kitab Kuning terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu tahap perencanaan, mencakup (a) penentuan masalah, (b) pemecahan masalah, (c) indikator keberhasilan, (d) kegiatan pembelajaran, (e) rencana pembelajaran tatap muka, (f) skenario pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan (g) evaluasi, serta tahap tahap pelaksanaan mencakup (a) membagi kelompok belajar, (b) membagikan lembar kertas kerja, (c) memberikan masalah atau materi pelajaran, (d) presentasi, dan (e) penilaian. Adapun efektivitas penerapan model konstruktuvisme dalam pembelajaran kitab Kuning sangat efektif, baik dari segi proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Keefektifan penerapan dari segi proses pembelajaran ditunjukkan dengan semangat belajar tinggi dari santri, sedangkan keefektifan dari segi hasil pembelajaran ditunjukkan dengan pemahaman baik santri terhadap materi pelajaran kitab Kuning.</p> Ach Baidlawi Bukhari ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/90 Sat, 20 Apr 2019 13:28:57 +0000 Pemikiran Pendidikan Prof. Dr. M. Athiyah Al-Abrasyi http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/91 <p>Muhammad Athiyah al-Abrasyi adalah seorang tokoh pendidikan yang hidup pada masa pemerintahan Abd. Nasser yang memerintah Mesir pada tahun 1954-1970. Beliau adalah satu dari sederetan nama yang tidak boleh dilupakan oleh para cendekiawan Arab dan muslimin. Beliau adalah penulis tentang pendidikan keislaman dan pemikiran, umurnya yang mendekati 85 tahun akan selalu terasa pengaruhnya bagi generasi sesudahnya. Beliau dilahirkan pada awal April tahun 1897 dan wafat pada tanggal 17 Juli 1981. Beliau memperoleh gelar diploma dari Universitas Darul Ulum tahun 1921, dan tahun 1924 beliau terbang ke Inggris, disana beliau mempelajari ilmu pendidikan, psikologi, sejarah pendidikan, kesehatan jiwa, bahasa Inggris berikut sastranya. Pada tahun 1927 beliau memperoleh gelar sarjana pendidikan dan psikologi dari universitas Ekstar. Seperti diketahui pada zaman kejayaan Islam, Negeri Mesir dikenal sebagai salah satu pusat ilmu pengetahuan di samping Baghdad, Damaskus, Cordova dan lain-lain. Tetapi kemudian ketika dunia Islam mengalami kemunduran, Mesirpun turut merasakannya, lebih-lebih setelah negeri ini berturut-turut di jajah Perancis dan Inggris. Akibatnya Mesir mengalami kemunduran di bidang pemikiran pada umumnya dan pendidikan pada khususnya. Di dorong kenyataan pahit inilah Muhammad Athiyah al-Abrasyi mencoba kembali menggali nilai-nilai dan unsur-unsur pembaharuan yang terpendam dalam khazanah perkembangan pendidikan Islam di masa jayanya. Ia mencoba mencari titik persamaan dasar pendidikan Islam dan pendidikan modern.</p> Musayyidi Musayyidi ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/91 Sat, 20 Apr 2019 13:29:56 +0000 Eksistensi Orang Tua Sebagai Pendidik dalam Perspektif Hadits http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/96 <p>Penelitian ini membahas eksistensi orang tua sebagai pendidik dalam perspektif hadits. Hal ini dilatarbelakangi oleh semakin abainya orang tua terhadap proses pendidikan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan landasan teologis kepada para orang tua tentang kewajibannya dalam mendidik anak. Penelitian ini bersifat kepustakaan <em>(library research),</em> dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Setelah melakukan penelitian terhadap hadits Nabi yang bertema pendidikan, khususnya hadits yang menjelaskan tentang eksistensi orang tua sebagai pendidik dapat ditarik sebuah garis besar bahwa eksistensi tersebut berkaitan dengan tanggung jawab, peran dan fungsi orang tua. Tanggung jawab, peran dan fungsi tua tersebut meliputi; <em>Himayah</em> (perlindungan, penjagaan atau pemeliharaan), <em>Ri’ayah</em> (bimbingan), <em>Wilayah</em> (pengaturan) dan <em>Kifayah </em>(mencukupi). Empat konsep tersebut dijelaskan dalam pembahasan penelitian ini.</p> Siful Arifin ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/96 Sat, 20 Apr 2019 22:43:53 +0000 Analisis Multiple Intelligences dalam Diri Anak Menurut Munif Chatib http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/93 <p>Konsep pembelajaran berbasis&nbsp;<em>M</em><em>ultiple </em><em>I</em><em>ntelligences</em> perspektif Munif Chatib adalah suatu koreksi terhadap kecerdasan seseorang tidak hanya berdasarkan pada&nbsp;<em>Intelligences Quotient (IQ)</em>&nbsp;yang hanya mengukur kemampuan seseorang hanya berdasarkan pada linguistik, matematik logis dan spasial saja. Dalam konsep pendidikan <em>Multiple Intellegences </em>Munif Chatib lebih menekankan pada <em>The Best Proses bukan The Best Input</em>&nbsp;&nbsp; dimana sekolah unggul adalah sekolah yang fokus pada kualitas proses pembelajaran, bukan pada kualitas input siswanya. <em>Kedua, </em>menjadi anak terdidik atau istimewa adalah menetekankan pada kreativitas guru dan keahlian dalam mengaplikasikannya, hal ini dapat kita lakukan dalam dunia pembelajaran antara guru dan murid. Munif Chatib mengartikan strategi mengajar dengan menekankan kepada kekreativitas guru sehingga jumlah dan nama strategi itu harus luas dan tak terbatas. Jadi, apapun namanya, strtegi <em>Multiple Intelligences</em> akan menjadi wadah yang sangat luas dan dapat menampung semua istilah metodologi pembelajaran. Guru memberikan wadah bagi siswa untuk Praktek Turun Lapangan (PTL) supaya siswa bisa merasakan betapa indahnya pendidikan. Dan ini merupakan suatu keterampilan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran.</p> Lailatul Qadariyah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/93 Sat, 20 Apr 2019 13:35:06 +0000 Membentuk Anak Berkepribadian Handal Melalui Pendidikan Kemasyarakatan http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/94 <p>Pendidikan masyakat adalah suatu gerakan pendidikan ditujukan bagi persekutuan-persekutuan hidup sehingga mempunyai pandangan, sikap, kebiasaan dan kemampuan tertentu yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Pendidikan masyarakat diartikan sebagai layanan pendidikan yang diperuntukkan bagi masyarakat tanpa melihat perbedaan tingkat pendidikan usia, status sosial atau meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dengan berusaha maksimal untuk menjadi pribadi yang dapat dindalkan dan dapat menjadi yang diharapkan. Dari beberapa program yang dilaksanakan oleh pendidikan kemasyarakatan diharapkan mampu menjadi penyeimbang pendidikan sekolah dimana melalui program pendidikan masyarakatan yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dapat menjadi bekal dalam membentuk anak menjadi manusia yang siap pakai siap bersaing dalam era milineal yang dapat berguna untuk dirinya sendiri terlebih untuk orang lain.</p> Abdul Hadi ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/94 Sat, 20 Apr 2019 13:36:34 +0000 الإملاء فى الكتابة http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/95 <p>الإملاء لغة هو الإمهال والتأخير، وإطالة الوقت والعمر حتى يتسع الزمن للتمتع بالشيء المحبوب. واصطلاحا : تصوير اللفظ بحروف هجائه بأن يطابق المكتوب المنطوق في ذوات الحروف. والإملاء هو تحويل الأصوات المسموعة المفهومة إلى رموز مكتوبة (الحروف) على أن توضع هذه الحروف في مواقعها الصحيحة من الكلمة وذلك لاستقامة اللفظ وظهور المعنى المراد</p> Bambang Hermanto ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/95 Sat, 20 Apr 2019 00:00:00 +0000