Pendidikan Agama Islam (PAI) Sebagai Wujud Revolusi Mental Generasi Bangsa

  • Siful Arifin STIT Al-Karimiyyah Sumenep

Abstract

Pendidikan merupakan tanggungan bersama, pemerintah, masyarakat dan yang mempunyai rasa kepedulian dengan dunia pendidikan di Negeri ini, pada akhir-akhir ini gerakan revolusi mental pendidikan didengungkan oleh para pemangku kebijakan yang dalam hal ini adalah pemerintah, dilakukannya revolusi tersebut tujuan akhirnya adalah untuk memajukan negeri ini. Salah satu langkah kongkrit yang dilakukan adalah melalui gerakan perbaikan pendidikan yang diterapkan di Negeri kita tercinta ini. Perubahan wajah pendidikan, yang pada awalnya hanya menekankan pada kemampuan intelektual semata yang kemudian kurang memperhatikan kecerdasan afektif dan spritualitas, hal tersebut kemudian dinilai oleh sebagian orang sebagai proses yang gagal,untuk itu, pendidikan karakter merupakan salah satu solusi alternative agar Negeri ini keluar dari persoalan mental tersebut.Dasar pendidikan yang bernuansakan karakter dapat terimplementasikan dengan cara mengelaborasikan konsep pendidikan ini dengan karakter yang dapat membentuk mental positif yang kemudian memperbaiki dan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Pendidikan Agama merupakan suatu langkah yang cukup logic untuk dapat disandingkan dengan pendidikan yang selama ini didengungkan oleh para praktisi pendidikan, karena dengan menyandingkan, mengintegrasikan keduanya akan memberikan warna yang baru bagi pendidikan di Negeri ini.

References

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Renike cipta, 2010.
Tim LPTK IAIN Sunan Ampel, Bahan Ajar Pendidikan dan latihan professional guru sertifikasi guru / pengawas dalam jabatan, kouta, 2011, Surabaya, 2011.
Mulyasa, E, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan-Sebuah Panduan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2007.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Abdul Majid dan Dian andayani, Pendidikan karakter dalam perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011.
Muchlas, Samani,Konsep dan model pendidikan karakter,Surabaya, Rosda karya, 2011.
Published
2019-08-30
How to Cite
Arifin, S. (2019). Pendidikan Agama Islam (PAI) Sebagai Wujud Revolusi Mental Generasi Bangsa. Jurnal Kariman, 7(1), 17-28. Retrieved from http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/98