MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) DALAM PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH SE KABUPATEN SUMENEP

  • Ainul Yaqin

Abstract

Perubahan kurikulum dari berbasis isi (content-based curriculum) menjadi kurikulum berbasis kompetensi (competency-based curriculum) mengakibatkan perubahan paradigma dalam proses pembelajaran yaitu apa yang harus diajarkan (isi) menjadi apa yang harus dikuasai siswa (kompetensi). Indikator keberhasilan pembaharuan kurikulum itu ditunjukkan dengan adanya perubahan pola kegiatan dan pendekatan pembelajaran, termasuk pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis (baik perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hasil belajar dan tindak lanjut) di Madrasah Aliyah se Kabupaten Sumenep. Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitis dan interpretatif, dengan model analisis interaktif mengacu kepada model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa Madrasah Aliyah di Kabupaten Sumenep selama ini telah mengimplementasikan model pembelajaran tuntas (mastery learning) sebagai upaya pencapaian SK dalam pembelajaran (Al-Qur’an Hadis), terutama semenjak diberlakukannya KBK tahun 2004 dan KTSP tahun 2006, namun pelaksanaannya belum maksimal dan perlu peningkatan lebih lanjut. Secara implementatif, strategi model pembelajaran tuntas (mastery learning) sangat memperhatikan perbedaan individu (individual difference), ditandai dengan adanya program tindak lanjut berupa program perbaikan (remedial), pengayaan (enrichment), dan percepatan (acceleration). Menjadi suatu keniscayaan (necessary being) untuk dilakukan agar siswa mencapai SK secara tuntas.

Published
2018-09-21
How to Cite
Yaqin, A. (2018). MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) DALAM PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH SE KABUPATEN SUMENEP. Jurnal Kariman, 2(02), 69-84. Retrieved from http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/32