Perbuatan Moral dan Pertimbangan Batin Ideal: Menelusuri Filsafat Etika di Dalam Studi Islam

  • Nur Rahmad Yahya Wijaya STIT Al-Karimiyyah Sumenep

Abstract

Sebagai bagian dari kajian yang membicarakan segala sesuatu ‘sebagaimana seharusnya’, filsafat etika khusus mempelajari perbuatan manusia. Yang ditanyakannya setidaknya tiga hal. Pertama, apa ukuran perbuatan yang tepat? Kedua, ‘apa’ yang seharusnya manusia perbuat? Ketiga, ‘mengapa’ manusia harus berbuat? Pertanyaan kedua dapat dijawab dengan menjawab pertanyaan pertama: yang harus diperbuat manusia adalah perbuatan yang ‘benar’, atau perbuatan yang ‘baik’; dua hal ini merupakan dua hal yang berbeda. Sedangkan pertanyaan ketiga dapat dijawab dengan memberikan alasan yang menjelaskan pertimbangan batin mengapa perbuatan itu dilakukan. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, istilah-istilah teknis di dalam kajian etika, baik yang berasal dari Islam sendiri, maupun yang berasal dari Barat, dipaparkan, dan untuk selanjutnya dijadikan sebagai patokan ideal. Uraian singkat atas aliran-aliran etika dan model etika, baik di dalam filsafat etika Barat, maupun filsafat etika Islam, yang ditemukan di dalam kajian Ilmu Kalam, Filsafat Islam, Tasawuf, dan Ilmu Akhlak demikian juga, dijabarkan. Penjabaran atas aliran-aliran dan model-model etika ini selanjutnya dianalisis, dikritik, dan dicari sintesisnya. Setelah diuraikan sintesisnya, dirumuskan kemudian poin-poin terbaik di antara pemikiran etika tersebut. Dan pertanyaan keempat yang ingin dijawab dalam tulisan ini adalah apa poin-poin terbaik di antara aliran-aliran dan model-model etika tersebut yang dapat dirumuskan menjadi model etika utama di dalam Islam?

References

A. Mustofa, A., Akhlak Tasawuf (Bandung: Pustaka Setia, 2014).
Abdullah, Amin, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas? (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004).
Ali, Yunasril, “Tasawuf” dalam Taufik Abdullah, ed., Ensiklopedi Tematis Dunia Islam: Jilid 4: Pemikiran dan Peradaban (Jakarta: Ichtiar Baru Van Voeve, tt.).
Anwar, Rosihon, Akhlak Tasawuf (Bandung, Pustaka Setia, 2010).
Bagir, Haidar, Buku Saku Filsafat Islam (Bandung: Mizan, 2006).
Bagus, Lorens, Kamus Filsafat (Jakarta: Gramedia, 2000).
Bakar, Osman, Hierarki Ilmu: Membangun Rangka Pikir Islamisasi Ilmu Menurut Al-Farabi, Al-Ghazali, Quthb Al-Din Al-Syirazi, terj. Purwanto (Bandung: Mizan, 1997).
Gaza>li>, Al-Ima>m al-, Ih}ya>’ ‘Ulu>m al-Di>n (Indonesia: Da>r Ih}ya>’ al-Kutub al-ʻArabiyyah, tt.).
Kattsoff, Louis O., Pengantar Filsafat, terj. Soejono Soemargono (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004).
Leaman, Oliver, Pengantar Filsafat Islam: Sebuah Pendekatan Tematis, terj. Musa Kazhim dan Arif Mulyadi (Bandung: Mizan, 2002).
Magnis-Suseno, Frans, 13 Tokoh Etika: Sejak Zaman Yunani sampai Abad Ke-19 (Yogyakarta: Kanisius, 2001).
Nasution, Harun, Akal dan Wahyu dalam Islam ( Jakarta: UI-Press, 1986).
______, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya: Jilid II (Jakarta: UI-Press, 1985).
Schimmel, Annemarie, Dimensi Mistik dalam Islam, terj. Sapardi Djoko Damono dkk. (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000).
Syukur, Amin, Menggugat Tasawuf: Sufisme dan Tanggung Jawab Sosial Abad 21 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999).
Titus, Harold H., Marilyn S. Smith, dan Richard T. Nolan, Persoalan-persoalan Filsafat, terj. H. M. Rasjidi (Jakarta: Bulan Bintang, 1984).
Wijaya, Nur Rahmad Yahya, Kariman: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, Volume 06, Nomor 01, Juni 2018.
Yazdi>, Muh}ammad Taqi> Mis}ba>h}, Buku Daras Filsafat Islam, terj. Musa Kazhim dan Saleh Bagir (Bandung: Mizan, 2003).
Published
2019-08-30
How to Cite
Wijaya, N. R. (2019). Perbuatan Moral dan Pertimbangan Batin Ideal: Menelusuri Filsafat Etika di Dalam Studi Islam. Jurnal Kariman, 7(1), 109-128. Retrieved from http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/106