Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Darul Ulum Talaga Ganding Sumenep

  • Abdul Hadi STIT Al-Karimiyyah Sumenep

Abstract

Keluarga adalah sekolah pertama untuk anak sebelum anak hidup didunia pendidikan sekolah anak lebih dulu hidup dilingkungan keluarga dan dari keluargalah akan tercipta pribadi-pribadi tertentu yang akan membaur dalam satu masyarakat. Pendidikan keluarga adalah pendidikan pertama dan utama yang akan menggoreskan keilmuan dasar pribadi anak dan pendidikan dalam keluarga akan melekat mengiringi pendidikan dan keilmuan yang didapatkan didunia sekolah. Guru dalam pendidikan keluarga adalah orang tua yang bertugas mengasuh anak-anak mereka agar siap menghadapi pendidikan selanjutnya berupa pendidikan sekolah karena  tingkat penguasaan materi pelajaran yang disampaikan hingga tercapainya prestasi belajar  pada pendidikan sekolah sangat dipengaruhi oleh pola asuh bagaimana anak akan dibentuk kepribadiannya oleh orang tuanya.

References

Ahmadi Abu. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2007
Ahmadi Abu. Sosiologi Tempat Interaksi Antara Person dan Group. Jakarta : PT Asdi Mahasatwa. 2007
Danny & Yatim-Irwanto. Kepribadian Keluarga. Jakarta : Arcan. 1991
Hauck Paul. Anggapan Keliru tentang Pengelolahan anak. Jakarta : Arcan. 1989
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2113854-pengertian-pola-asuh-orang-tua) diakses pada 15 Desember 2018.
http://sunartombs.wordpress.compengertian-prestasi-belajar diakses pada 13 Desember 2018).
http://www.anneahira.com/prestasi-belajar-anak.htm diakses pada 13 Desember 2018),
M. Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta, 1997
Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Karya, 1990
Shalahuddin Mahfud (1990:29). Pengantar Psikologi Pendidikan. http://spesialis torch.com/content/view/120/29/. (15 Desember 2018, jam 15:43)
Published
2019-08-30
How to Cite
Hadi, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Darul Ulum Talaga Ganding Sumenep. Jurnal Kariman, 7(1), 59-70. Retrieved from http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/102