Universitas Islam Negeri dan Renaisans Baru Pendidikan Islam di Indonesia

  • Kutsiyyah Kutsiyyah STIT Al-Karimiyyah Sumenep

Abstract

Dikotomi ilmu yang menjadi warisan dalam bangsa ini mengakibatkan kemandegan dalam peradaban Islam. Salah satunya dalam pendidikan Islam yang telah kalah jauh dari kemajuan ilmu-ilmu Eropa sejak berabad-abad lamanya. Munculnya inovasi-inovasi baru dalam sistem pendidikan Islam, yakni perpaduan ilmu umum & agama akan menjadi arah baru bagi bangkitnya pendidikan Islam di Indonesia. Misalnya pemaduan pendidikan pesantren dan kampus sebagaimana banyak disampaikan oleh pakar pendidikan Islam. Model ini, penulis melihat bisa saling melengkapi dalam memanfaatkan kelebihan dan menutupi kekurangan masing-masing untuk diterapkan pada pendidikan masa kini. Maka dengan perubahan status STAIN/IAIN menjadi UIN memberikan angin segar bagi tumbuhnya pendidikan Islam di Indonesia, yang utuh, holistik, integratif dan responsif terhadap era modern ini. Pengkotak-kotakan ilmu akan teratasi dengan konsep integrasi keilmuan yang ditawarkan oleh masing-masing UIN.

References

Abdullah, M. Amin. 2010. Islamic Studies di Pergruruan Tinggi; pendekatan Integratif-interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdullah, M. Amin. 2008. Pendidikan dan Upaya Mencerdaskan Bangsa; KEbijakan Pendidikan Islam di Indonesia Dari Dakwah ke Akademik. Jakarta: IIEP.
Ali, Bahrul Hayat & Mohammad. 2012. Khazanah dan Praksis PEndidikan Islam di Indonesia. Pustaka Cendekia Utama.
Barizi, Ahmad. 2011. Pendidikan Intgratif; Akar Tradisi dan Integrasi Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Fadjar, A. Malik. 2009. Pergumulan Pemikiran Pendidikan Tinggi Islam. Malang: UMMPress.
Maunah, Binti. 2009. Tradisi Intelektual Santri; Dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan. Yogyakarta: Teras.
Praja, Juhaya S. 2002. Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islam. Jakarta: Teraju.
Saridjo, Marwan. 2011. Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa; Tinjauan Kebijakan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Bogor: Yayasan Ngali dan al Manar Press.
Suprayogo, Imam. 2004. Pendidikan Berparadigma Al Qur’an; Pergulatan Membangun Tradisi dan Aksi Pendidikan Islalm. Malang: UIN Malliki Press.
Zainuddin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Terpadu, Menyiapkan Generasi Ulul Albab. Malang: UIN-Maliki Press.
Sumber internet:
Abudin Nata, Pengembangan Akademik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta http://fdi.uinjkt.ac.id/ diakses 28 Juli 2014
Azyumardi Azra, http://icas.ac.id/dinamika-islam-menuju-renaisans-indonesia, diakses 8 Mei 2014.
http://academia.edu/, diakses 8 Mei 2014.
http://uin-suka.ac.id http://muslimlife.com/content/read/764/uin-sunan-kali-jaga, diakses 28 Juni 2014
Published
2019-08-30
How to Cite
Kutsiyyah, K. (2019). Universitas Islam Negeri dan Renaisans Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Kariman, 7(1), 43-58. Retrieved from http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/101