Sekolah Unggul Mandiri

Mengonsep Pendidikan Murah Berkualitas

  • Amiruddin Amiruddin STIT Al-Karimiyyah Sumenep

Abstract

Tulisan ini membahas tentang sekolah unggulan yang mayoritas menerapkan pembiayaan yang sangat mahal. Semua biaya operasional sekolah hampir dibebankan kepada orang tua siswa sehingga masyarakat menengah ke bawah sulit untuk menjangkau sekolah unggulan. Oleh karena itu usulan penulis untuk menjadikan sekolah unggul yang biayanya murah adalah dengan menjadikan sekolah mandiri dengan menerapkan tahapan-tahapan konsep berikut: 1). Maksimalisasi anggaran pendidikan 20%, 2). Melaksanakan Subsidi Silang, 3). Pemanfaatan dana CSR Perusahaan dan 4). Membangun badan usaha milik sekolah.

References

Asrohah, Hanun. Menggagas Sekolah Islam yang Unggul; Konsepsi dan Aksi. tk.: tp., tt.
Fattah, Nanang. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2012.
------------. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2002.
Nahdliyah, Ummi. Kebijakan Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul ulama Jawa Timur tentang Peningkatan Kualitas Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Waru Sidoarjo menjadi Madrasah Unggulan. Tesisi-IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2010.
Bafadal, Ibrahim. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Danim, Sudarwan. Visi baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Moedjiarto. Karakteristik Sekolah Unggul. Bandung: Duta graham Pustaka, 2002.
Komariah, Aan dan Cepi Triatna. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2006).
Usman, Husaini. Manajemen sekolah yang efektif. Jurnal Pendidikan Inovatif. Volume 3, Nomor 1, September 2007.
Published
2019-08-30
How to Cite
Amiruddin, A. (2019). Sekolah Unggul Mandiri. Jurnal Kariman, 7(1), 29-42. Retrieved from http://ejournal.stit-alkarimiyyah.ac.id/index.php/kariman/article/view/100